Inilah Bedanya Pemira PKS Dengan Konvensi

Inilah Bedanya Pemira PKS Dengan Konvensi
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Pemilu Raya (Pemira) untuk menentukan Capres 2014 dari internal PKS. Pemira  ini diikuti oleh kader PKS se-Indonesia.

Menurut Presiden PKS, Anis Matta Pemira yang diselenggarakan partainya berbeda dengan konvensi dalam menentukan calon presiden.

“Jelas bedanya. Kalau dalam konvensi yang berkompetisi adalah elite, sementara kita di PKS (pemira) justru kebalikannya," kata Anis Matta seperti dikutip Antara, Selasa (27/11/2013).

Dalam sistem pemira suara kader PKS sangat menentukan karena kader se-Indonesia langsung memilih kandidat yang menurutnya layak sebagai capres 2014. Anis menjelaskan, saat ini dorongan dari akar rumput PKS,  khususnya para kader agar PKS segera menetapkan capres sebelum pemilihan umum legislatif.

"Sebelumnya, kita memang punya keputusan di majelis syuro yang lama bahwa capres baru ditetapkan setelah pemilu legislatif. Tapi, tuntutan mereka (kader) minta ditetapkan sebelum pemilu legislatif," ujar Anis.

Karena itu, ia mengatakan segera mengakomodasi tuntutan dari para kader PKS di akar rumput untuk menentukan capres, tetapi bukan dalam bentuk konvensi sebagaimana parpol lain, melainkan dalam bentuk pemira.

"Kalau dalam pemira, dari para kandidatnya sendiri tidak ada kampanye di dalam. Jadi, jelas ya bedanya. Kalau ini (pemira) grassroot, kalau ini (konvensi) pertarungan elite," kata Anis.

Yang akan dilibatkan dalam pemira adalah semua kader PKS di seluruh daerah, termasuk mereka yang bukan menduduki jabatan sebagai pengurus, tetapi sudah tercatat sebagai kader partai.

Ditanya mekanisme penyaluran aspirasi kader dalam pemira, ia menjelaskan seluruhnya sudah diatur dalam sistem, termasuk Lembaga Pelaksana dan Penokohan Kader (LPPK) PKS sebagai lembaga internal independen.

"Yang terpenting bagi saya sebagai Presiden PKS, ini adalah salah satu sistem demokrasi internal yang kita terapkan dalam pemira, berbeda dengan sistem yang ada dalam partai-partai lain," lugas Anis.

0 Response to "Inilah Bedanya Pemira PKS Dengan Konvensi"

Post a Comment