Pengamat: Kekuatan PKS Ada Di Militansi Kader

Pengamat: Kekuatan PKS Ada Di Militansi Kader
Saat ini, beberapa partai politik di Indonesia sedang mengalami kegaduhan. Mereka sibuk dengan konflik internalnya masing-masing. Berbeda dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai yang di nahkodai Sohibul Iman ini, tetap memnunjukan kesolidannya. Hal ini bisa dilihat dari suksesi kepemimpinan yang digelar PKS dari tingkat pusat sampai daerah, begitu mulus dan tanpa ada gesekan antarpengurus dan kader sedikitpun.

Partai yang lahir dari tubuh umat ini ternyata punya 'resep' sendiri terkait kesolidannya. Hal ini seperti diungkapkan pengamat sekaligus Direktur Eksekutif IndoBarometer Mohammad Qodari ketika acara diskusi "Partai Dakwah Sedang Berbenah" di Smart FM Jakarta. Menurutnya, penyebab kekuatan PKS  ada di pembangunan sistem yang rapi dan militansi kader.

"Partai ini membangun sistem kader paling rapi dan lebih militan dan punya determinasi," ujar Qodari dikutip dari Republika Online, Sabtu (7/11/2015).

Ia menjelaskan dengan kelebihan itu yang membuat PKS dapat bertahan hingga saat ini. Meski PKS termasuk dalam partai golongan ke empat sebagai partai agama yang tidak memiliki basis massa.

Dalam partai politik terdapat empat kategori, Qodari menjelaskan, kategori pertama diisi oleh partai-partai yang berumur cukup lama sehingga memiliki massa yang jelas, seperti Golkar dan PDIP.

Kategori kedua diisi oleh partai-partai sosial yang lahir di era reformasi dengan basis massa yang jelas, seperti PKB dengan NU dan PAN dengan Muhammadiyah. Selain dari kedua kriteria tadi, partai akan rentan untuk tidak berjalan lancar.

Seperti kategori ketiga, partai yang jalan karena ketokohan. Partai ini bisa ditunjukan pada Demokrat dengan sosok Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ada partai keempat tidak punya eksisting tapi mencoba membuat basis," katanya.

PKS lahir tanpa ada kekuatan basis massa yang kuat, hanya saja dengan membangun sistem kader yang cukup kuat sehingga dapat bertahan. Dengan membangun sistem yang rapi dan komado jelas, menurutnya PKS akan langgeng di dunia politik Indonesia.

0 Response to "Pengamat: Kekuatan PKS Ada Di Militansi Kader"

Post a Comment