Ini Tanggapan Presiden PKS Tentang 'Hate Speech'

Ini Tanggapan Presiden PKS Tentang 'Hate Speech'
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohammad Sohibul Iman, ikut berbicara terkait pro dan kontra surat edaran 'hate speech' yang dikeluarkan Kapolri Badrodin Haiti beberapa waktu lalu. Dirinya sangat menghargai Surat Edaran Nomor SE/6/X/2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian yang dikeluarkan Kapolri tersebut.

Namun, dia mengatakan kebijakan tersebut jangan sampai membungkam kebebasan untuk menyampaikan kritik kepada pemerintah.

"Satu hal yang harus digarisbawahi bahwa kebebasan untuk berbicara, memberi kritik dan sebagainya harus benar-benar dijaga," ujar Sohibul Iman dalam siaran persnya, Rabu (4/11/2015).

Sohibul menyadari adanya kebebasan berbicara yang cenderung membangkitkan kebencian-kebencian tidak sesuai dengan alam demokrasi. Hanya menurutnya, yang jadi persoalan adalah bagaimana memilah ujaran yang bernada kebencian dan tidak.

"Nanti di dalam forum di DPR akan menjadi pembicaraan, kami memiliki sikap seperti apa dalam hal itu. Jangan sampai nanti ada kesan tidak ingin dikritik, kemudian sedikit-sedikit menganggap itu sebagai 'hate speech'," kata mantan Wakil Ketua DPR RI ini.

Menurut dia, kritik yang disampaikan jika sesuai ukurannya justru sangat menyehatkan bagi pemerintah. Pada akhirnya, nanti publik melihat penebar kebencian.

"Kritik itu kalau pas ukurannya, seperti vitamin yang sangat menyehatkan. Kalau ada yang overdosis, sebetulnya itu akan hilang sendirinya. Larut," kata imbuh Sohibul Iman.

0 Response to "Ini Tanggapan Presiden PKS Tentang 'Hate Speech'"

Post a Comment